Jeunieb – Upaya peningkatan kualitas proses belajar terus dilakukan oleh satuan pendidikan di wilayah Kecamatan Jeunieb. Pada 4 September 2025, Pengawas Sekolah, Idawati, S.Pd., M.Pd., melakukan kunjungan kerja ke UPTD SD Negeri 13 Jeunieb dalam rangka meninjau kemajuan penerapan pembelajaran mendalam (deep learning) di sekolah tersebut.
Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan dan supervisi akademik yang rutin dilaksanakan untuk memastikan implementasi kurikulum berjalan optimal, terutama dalam konteks pembelajaran yang menekankan pemahaman konseptual, kolaboratif, serta pengembangan karakter peserta didik.
Dalam kesempatan tersebut, Idawati memantau secara langsung proses pembelajaran di beberapa kelas, berdialog dengan guru, serta memberikan arahan terkait strategi penerapan pembelajaran mendalam yang efektif dan berpusat pada peserta didik.
“Pembelajaran mendalam bukan sekadar penyampaian materi, tetapi bagaimana siswa dapat memahami, mengaitkan, dan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang aktif, reflektif, dan menyenangkan,” ujar Idawati.
Selain melakukan observasi di kelas, pengawas juga memberikan bimbingan teknis kepada guru-guru mengenai perencanaan pembelajaran, asesmen autentik, dan refleksi hasil belajar. Ia mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan UPTD SD Negeri 13 Jeunieb dalam mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis proyek dan literasi.
Kepala UPTD SD Negeri 13 Jeunieb menyampaikan bahwa sekolah terus berkomitmen meningkatkan mutu pembelajaran melalui kolaborasi guru dan penerapan strategi yang relevan dengan karakteristik peserta didik.
Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan sesi diskusi dan umpan balik antara pengawas dan dewan guru mengenai tantangan serta langkah tindak lanjut untuk memperkuat implementasi pembelajaran mendalam di tahun pelajaran berjalan.
Dengan adanya pembinaan dan pemantauan berkelanjutan dari pengawas sekolah, diharapkan seluruh guru dapat terus mengembangkan kompetensi dan inovasi pembelajaran, sehingga mampu mewujudkan peserta didik yang berpikir kritis, kreatif, dan berkarakter.



